Senin, 14 Maret 2011

MARGA-MARGA DI NEGERI TULEHU BAGIAN II


♦ TEHUHATUELLA (RESSY)

TEHUHATUELLA dengan RUMATAU RESSY sangat sedikit sekali jumlah keturunnya yang ada di NEGERI TULEHU sekarang ini. MARGA TEHUHATUELLA dengan RESSY sebagai RUMATAUnya ini merupakan keturunan dari UPU RESSY atau yang lebih dikenal dengan gelar UPU LATU HARUA dan atau dikenal juga dengan gelar yang  lain yaitu UPU KAIHENA. Kalau titilik dengan seksama  keturunan laki-laki dari MARGA TEHUHATUELLA yang sebenar-sebenarnya atau keturunan langsung dari UPU RESSY atau UPU LATU HARUA ini sepertinya mereka menyembunyikan jati diri mereka dan tidak memakai MARGA dari moyang mereka ini, entah mengapa mungkin mereka mempunyai alas an yang sangat rahasia. Sedangkan yang sekarang menggunakan MARGA TEHUHATUELLA di NEGERI TULEHU ini harus dipertanyakan keaslian atau bukan asal pakai saja sebab-sebabnya mungkin mereka yang lebih tahu akan hal ini. MARGA TUEHUHATUELLA di NEGERI TULEHU adalah salah satu MARGA asli NEGERI TULEHU dan keturunan ini mempunyai hak menduduki JABATAN ADAT. Sebutan keturunan dari bapaknya yang bermarga TEHUHATUELLA adalah RUMATAU RESSY dan sebutan untuk keturunan dari ibunya yang BERMARGA TEHUHATUELLA adalah MARA RESSY. Ini adalah sebutan adat untuk kedua keturunan ini yang dilindungi oleh ADAT NEGERI TULEHU.



♦ TEHUPELASURY (TERY)

MARGA TEHUPELASURY dengan TERY sebagai RUMATAUnya ini merupakan salah satu MARGA ADAT NEGERI TULEHU. RUMATAU TERY dengan MARGAnya TEHUPELASURY ini adalah keturunan dari UPU TERY atau yang dikenal dengan sebutan SABENAR LATU. MARGA yang satu ini diidentikan dengan kisah TUJUH BIDADARI dari kahyangan yang turun mandi di bumi dan ditemukan oleh moyang mereka pada MATA AIR TUJUH. Sebutan untuk keturunan dari bapaknya yang BERMARGA TEHUPELASURY adalah RUMATAU TERY sedangkan keturunan dari ibunya yang BERMARGA TEHUPELASURY adalah MARA TERY. Kedua sebutan ini dilindungi oleh ADAT NEGERI TULEHU dan termasuk sebagai ANAK ADAT dan ANAK TURUN DATI untuk NEGERI TULEHU. Keturunan ini juga berhak atas jabatan-jabatan ADAT di dalam PEMERINTAHAAN NEGERI TULEHU.



♦ NAHUMARURY (EY)

MARGA NAHUMARURY dengan RUMATAU EY ini merupakan MARGA ADAT ke empat didalam struktur ADAT NEGERI TULEHU. MARGA NAHUMARURY ini merupakan keturunan dari UPU EY atau UPU RUHU PUTIH dan atau lebih dikenal dengan gelar AMA LATU EY. Panggilan kepada keturunan dari garis bapaknya yang BERMARGA NAHUMARURY adalah RUMATAU EY sedangkan panggilan kepada keturunan dari garis ibunya yang BERMARGA NAHUMARURY adalah MARA EY dan kedua sebutan ini dilindungi oleh ADAT NEGERI TULEHU.

MARGA NAHUMARURY dengan RUMATAU EY ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

o NAHUMARURY (LUTUPESSY)
o NAHUMARURY ( LOALUTU)
o NAHUMARURY (NAHUMATA)



o NAHUMARURY (LUTUPESSY)

NAHUMARURY dengan tanda LUTUPESSY ini merupakan keturunan anak laki-laki dari AMA LATU EY atau UPU RUHU PUTIH yang mana tanda LUTUPESSY ini juga menunjukan bahwa keturunan ini adalah keturunan asli NEGERI TULEHU dan mempunyai hak menduduki jabatan ADAT dalam NEGERI TULEHU. LUTUPESSY  ini mempunyai arti sama dengan  Tempat Berkumpul dan atau juga sama dengan Payung. Jadi sekali lagi NAHUMARURY LUTUPESSY adalah keturunan langsung dari AMA LATU EY yang pernah berkuasa di AMAN EY yang mana AMA LATU EY ini di kudeta oleh OHORELLA dan daerah kekuasaan AMA LATU EY itu dirubah namanya oleh yang mengkudeta AMA LATU EY itu menjadi GUNUNG ERY WAKAN sampai sekarang bahkan keturunan NAHUMARURY yang sekarang sudah tidak lagi tahu dimana letak dari AMAN EY tersebut.



o NAHUMARURY(LOALUTU)

NAHUMARURY dengan tanda LOALUTU ini adalah keturunan dari UPU KAPITAN SAHUTIAN yang kawin masuk dengan PUTERI HUAETU anak dari UPU RUHU PUTIH atau AMA LATU EY. LOALUTU mempunyai arti sama dengan Naik Berkumpul dan juga NAHUMARURY LOALUTU ini adalah keturunan langsung dari UPU RUHU PUTIH atau AMA LATU EY jadi keturunan ini adalah keturunan asli NEGERI TULEHU dan mempunyai hak menduduki jabatan ADAT NEGERI TULEHU. UPU KAPITAN SAHUTIAN ini sebelum mengawini PUTERI HUAETU beliau mendapat tugas dari AMA LATU EY untuk menumpas pemberontakan yang dilakukan oleh KAPITAN BAIKOLE dari MALUKU UTARA sedangkan AMA LATU EY sendiri mendapat tugas penting itu dari UPU LATU NUSA HUHUIN. UPU KAPITAN SAHUTIAN pergi menumpas pemberontakan itu dan beliau ditemani oleh UPU LATU HARUA sebagai saksi perjuangan UPU KAPITAN SAHUTIAN.  Pemberontakan itu berhasil ditumpas dan KAPITAN BAIKOLE yang memimpin pemberontakan itu harus menghembuskan napasnya yang terakhir diujung tombak UPU KAPITAN SAHUTIAN. Atas jasa-jasa NAHUMARURY ini UPU LATU NUSA HUHUIN memberikan hadiah berupa tanah di belakang MASJID RAYA TULEHU kepada NAHUMARURY bukan sampai disitu saja hadiah yang diberikan oleh UPU LATU NUSA HUHUIN kepada NAHUMARURY tetapi dimana ada tanah UMARELLA disitu berbatasan dengan NAHUMARURY. Tanah di belakang MASJID RAYA TULEHU adalah hak dari NAHUMARURY atas pemberian UPU LATU NUSA HUHUIN ini sekarang diklaim oleh MARGA OHORELLA sebagai sang pemilik tanah. Sebenarnya sejak kapan tanah itu milik MARGA OHORELLA. MARGA NAHUMARURY di aniaya dan dirampas haknya oleh MARGA OHORELLA ini dari AMAN EY sampai ke AMAN TUIREHUI yang sekarang.



o NAHUMARURY (NAHUMATA)

NAHUMARURY dengan tanda NAHUMATA ini bukan keturunan dari AMA LATU EY atau UPU RUHU PUTIH dan bukan keturunan asli NEGERI TULEHU, tetapi NAHUMARURY NAHUMATA ini adalah pasukan perang yang berasal dari MALUKU UTARA yang  berjasa membantu para pejuang dari NEGERI HAUSUHA di medan pertempuran PERANG ALAKA. Pasukan perang dari MALUKU UTARA ini membuat pertahanan di NEGERI ABORU dan ketika PERANG ALAKA berakhir mereka tidak lagi kembali ke kampung halamannya lagi tetapi sebagian menetap di NEGERI ABORU dengan MARGA NAHUMURY dan sebagian memilih menetap di NEGERI TULEHU dan menjatuhkan pilihan memakai MARGA NAHUMARURY dengan tanda NAHUMATA. Keturunan ini dilarang menduduki  jabatan ADAT pada RUMATAU EY maupun JABATAN ADAT pada PEMERINTAHAAN di NEGERI TULEHU, mereka hanya sebagai pendengar dan penurut segala keputusan RUMATAU EY maupun keputusan ADAT NEGERI TULEHU. NAHUMATA kalau diartikan NAHU = Jatuh atau Menjatuhkan Pilihan, MATA = RUMATAU atau MATA RUMAH. Jadi NAHUMATA adalah Pasukan Perang MALUKU UTARA Yang Menjatuhkan Pilihan Memakai MARGA NAHUMARURY.


2. KELOMPOK AGAMA
bersambung...

9 komentar:

  1. My brother suggested I might like this blog. He was totally right.
    This post truly made my day. You can not imagine simply how much time I had
    spent for this info! Thanks!
    Feel free to surf my web-site - online gaming

    BalasHapus
    Balasan
    1. manusia dr dunia lain. kami tdk memahami bahasa ini

      Hapus
  2. Since the admin of this website is working, no uncertainty very shortly it will be famous,
    due to its quality contents.

    Here is my site ... spot7ruben.busythumbs.com

    BalasHapus
  3. This article is in fact a fastidious one it helps new internet people, who are wishing for blogging.



    My web page - tumblr

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan dialeg orang Ambon, kalau memang anda manusia kami.MENA MURIA 25 april 2013

      Hapus
  4. saudara sebangsa dan setana air satu dari aceh sampai papua, saya ajak kita semua membaca kembali Sejarah Kerajaan Majapahit jaug bermanfaat buat kita semua.

    BalasHapus
  5. adapula hari dan tanggal diatas memperingati hari bersejarah panjang orang Ambon/Maluku

    BalasHapus
  6. Howdy just wanted to give you a quick heads up and let you
    know a few of the pictures aren't loading properly. I'm not sure
    why but I think its a linking issue. I've tried it in two different web browsers and both show the same outcome.

    My web site ... book of raw online spielen (http://thecolorroom.ning.com)

    BalasHapus
  7. Ini sumber datanya drimana bang?

    BalasHapus