Minggu, 06 Maret 2011

UPU PATTI NAYA

Anak kedua dari UPU LATU AMAN HUSAR turun ke pesisir pantai dan membangun tempat huniannya dengan nama TIAL. Sebelum turun beliau pun di beri gelar UPU NAYA yang mana diambil dari nama gunung pusat pemerintahaan KERAJAAN NUNUSAKU yaitu gunung BINAYA. Gunung BINAYA sendiri merupakan panji-panji kebesaran KERAJAAN NUNUSAKU atau Kerajaan pertama di MALUKU. Setelah Negerinya sudah berdiri barulah datang secara bertahap MARGA-MARGA lain menginjakan kakinya di negeri yang didirikan oleh UPU NAYA. Sehingga sampai sekarang NAYA dijadikan RUMATAU dari MARGA TUARITA sebagai tanda keturunan UPU NAYA. UPU NAYA mempunyai jabatan pada pemerintahaan adalah seorang PATTI dengan gelar UPU PATTI NAYA. Jabatan PATTI untuk UPU NAYA bukan untuk TIAL atau SALAHUTU saja tetapi jabatan PATTI yang diemban UPU NAYA adalah untuk MALUKU secara keseluruhan. UPU NAYA atau UPU PATTI NAYA merupakan keturunan bangsawan dari KERAJAAN NUNUSAKU dan sekaligus pendiri NEGERI TIAL yang mana secara otomatis merupakan penguasa di negeri yang dibangunnya itu. Hampir mirip kejadian di NEGERI MOLOWAEL dimana sejak kedatangan bangsa barat untuk menjajah MALUKU maka keturunan dari UPU NAYA atau UPU PATTI NAYA tidak mampu mempertahankan NAMA MASJID yang dibangun oleh UPU PATTI NAYA itu.
Walaupun MARGA TUARITA yang memimpin NEGERI TIAL tetapi semua sejarah berdirinya NEGERI TIAL sepertinya telah dilupakan. Dan apakah kemungkinan penguasa di NEGERI TIAL dari jaman kolonial sampai Indonesia merdeka ini bukan keturunan langsung UPU NAYA atau UPU PATTI NAYA?. Pertanyaan ini memang pantas dikedepankan dengan melihat keadaan yang terjadi di NEGERI UPU NAYA atau UPU PATTI NAYA tersebut. Ataukah MARGA TUARITA yang memimpin NEGERI UPU NAYA atau UPU PATTI NAYA ini adalah penyusup yang masuk memakai MARGA TUARITA untuk merampas kekuasaan dan memusnahkan semua SEJARAH NEGERI TIAL? segala kemungkinan bisa terjadi. Jabatan UPU PATTI NAYA pun turun temurun kepada anak cucunya tetapi di NEGERI TIAL sendiri sudah melupakan jabatan dari moyang mereka ini.
Inilah gambaran singkat berdirinya NEGERI TIAL yang dibangun oleh UPU NAYA atau UPU PATTI NAYA dengan MARGA TUARITA. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mendukung MARGA TUARITA sebagai penguasa NEGERI UPU PATTI NAYA ini.

Ayo TUARITA pimpinlah negerimu dengan baik jangan kau rusak negeri yang sudah dibangun oleh moyangmu.
Semoga bisa bermanfaat.

5 komentar:

  1. Tial tak dipimpin oleh satu maarga parentah...secara faktual negeri tial dari era kejayaan islam hingga kemerdekaan RI dipimpin oleh berbagai marga yg ada d negeri tial antara lain: Tuarita,Tatuhey,Rolobessy dan Silawanabessy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun barapa tatuhey jadi raja.coba jelaskan dlo..klo mo debat sejarah yg batul mari katong debat sejarah tial versi asli deng sejarah tial versi hoax yg di share di google ini..klo tar tau sejarah tial yg batul.jang asal bakomen..sejak kapan tatuhey jadi raja..?coba ale jelaskan dlo par beta

      Hapus
  2. Deng yg punya postingan ini dpa carita ini dari spa.katong zg bisa ambel kesimpulan kalo tial itu keturunan upu naya.cuma hanya ad nama naya di tial zg bisa bgitu.ini sma sja pembodohan par orang yg zg tau sejarah kampong tial.klo ale punya tolak ukur cuma berdasarkan kesamaan nama sja itu blom cukup sudara..jadi tolong pelajari dlo bae2 sejarah tial.jng cuma tau sdki lalu pikir itu batul.

    BalasHapus